Review "Mantan" Karya Bey Tobing

Posting Komentar
"... Apa lo udah yakin kalo lo jatuh cinta sama tunangan lo, itu artinya dia udah pasti soulmate lo? Jangan sampai nanti di tengah jalan usia pernikahan lo, lo baru sadar kalau ternyata bukan dia orangnya."
Dua bulan lagi Aditya akan menikah dengan Jane ketika mendapat telepon dari sahabat baiknya, Ricco. Ricco yang sangat mengenal sifat Adi tidak percaya, jika sahabatnya itu sudah memutuskan untuk segera berkomitmen di umurnya yang ke-27. Apalagi ketika mengetahui Jane jauh berbeda dari mantan-mantan Adi sebelumnya membuat Ricco semakin mempertanyakan keputusan Adi.

Adi yang merasa terusik dengan pertanyaan Ricco, jadi ingin memastikan perasaannya sekali lagi dengan cara menemui mantan-mantannya—sebuah keputusan yang beresiko mengahancurkan rencana pernikahannya.

Satu minggu sebelum hari pernikahannya, Adi melakukan perjalanan untuk menemui para mantan. Sebuah perjalanan yang akan menggodanya untuk kembali ke masa lalu atau justru memantapkan pilihan hatinya kepada Jane.

... rasa sayang pada pasangan biasanya diuji pada saat kita dipertemukan dengan orang baru yang lebih menarik, dan pada saat kita dipertemukan lagi dengan masa lalu.

Novel Mantan merupakan sebuah novelisasi dari film berjudul sama yang tayang pada tahun 2017 lalu. Filmnya sendiri dibintangi oleh Gandhi Fernando, Luna Maya, Kimberly Ryder, dkk.

Ide ceritanya sebenarnya cukup menarik, hanya saja penuturan kisahnya terasa biasa saja dan seidikit membosankan. Di paruh awal novel, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga untuk menceritakan perjalanan Adi selama menemui mantan-mantannya. Dan di paruh akhir merupakan flashback pertemuan pertama kali Adi dan Jane menggunakan sudut pandang pertama antara Jane dan Adi secara bergantian.

Sejujurnya tak ada konflik yang berarti di novel ini. Karena pertemuan Adi dengan para mantan berakhir begitu saja tanpa kesan yang berarti. Namun di luar kekurangannya, novelet setebal 200 halaman ini cukup menghibur dan membuatku berspekulasi tentang akhir dari perjalanan kisah Adi.

×××

Judul : Mantan 
Penulis : Bey Tobing 
Desain Sampul : Marcel A.W.
Penerbit : GPU 
Terbit : 2017
Tebal : 200 hlm. 

Related Posts

Posting Komentar