Review "When It Rains" Karya Velicia Ong

Posting Komentar
"Tak ada hal yang baik yang pernah kudapatkan dari hujan selain kekesalan dan kebencian setiap kali bumi ini mendung. Aku benci menunggu hujan berhenti. Aku benci berdiri di sini. Aku benci larangan nggak bisa pulang saat hujan dalam hidupku."
Samantha benci hujan. Karena hujan merenggut satu persatu sumber kebahagiaan dan orang-orang yang disayanginya. Hujan meninggalkan duka, pilu dan trauma bagi Samantha, membuatnya mengidap ombrofobia—sebuah ketakutan terhadap hujan secara berlebihan.

Pertemuannya dengan Samuel yang seorang pluviophile—seorang pemuja hujan, seharusnya bisa mengubah pandangan Samantha tentang hujan. Namun kehilangan yang Samantha alami akibat hujan bukanlah perkara yang mudah disembuhkan. 

Dua orang yang punya panggilan sama—Sam—namun memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang, mencoba untuk berjalan beriringan. Bisakah keduanya bersama? 
"... Jangan terlalu percaya kepada siapa pun. Karena kalau mengecewakan, sakitnya bisa dua kali lipat."
Sejak pertama kali melihat cover buku When It Rains yang cantik ini, aku langsung memasukkannya ke rak Gramedia Digital. Tapi karena saking banyaknya daftar buku To-Be-Read, aku baru sempat membacanya sekarang. Bukunya sendiri lumayan tipis, jadi tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. 

Buku When It Rains merupakan juara pertama Grasindo Fiction Sweek. Alurnya cukup smooth, tapi sayangnya ada beberapa bagian yang terkesan seperti mesti buru-buru diselesaikan. Padahal jika dijelaskan lebih lanjut, pasti alurnya akan lebih mengalir. 

Melalui sudut pandang Samantha sebagai orang pertama, pembaca akan diajak menyelami bagaimana perasaan sesungguhnya Sam tentang hujan, dan dilema yang dia alami ketika bersama Samuel yang seorang pluviophile

Buku ini memiliki tema sedih sepanjang cerita. Bagian yang menurutku tersedih adalah saat Sam kehilangan keluarganya akibat hujan. Di sini penulis berhasil menyampaikan perasaan Samantha dan membuat pembaca seakan merasakan juga kesedihan yang dialami Sam. 

×××

Judul : When It Rains
Penulis : Velicia Ong
Penyunting : Tim Editor Fiksi
Desain Sampul : Aqsho Zulhida
Penerbit : Grasindo
Terbit : Januari 2019
Tebal : 195 hlm.

Related Posts

Posting Komentar