Rekomendasi Novel Thriller yang Bisa Dibaca di iPusnas

9 komentar
Background image by Pinterest | edited by me 
Membaca novel bergenre thriller memang memiliki sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Selain sering memiliki kisah menarik untuk ditelusuri, membaca novel thriller memberikan efek enggan berhenti dan penasaran dengan sosok si pelaku utama yang sebenarnya, ketika sudah larut dalam cerita.



Novel thriller memang masih memiliki benang merah dengan genre horor, tapi jenis ini lebih memfokuskan kepada ketegangan para pembaca, sehingga saat kita menikmati novel tersebut kita tak akan hanya berdiam diri saja. Kita akan dibuat deg-degan sepanjang cerita, sampai mungkin membuat bingung dengan ending dari novel tersebut. 

Genre thriller memiliki cakupan tema cerita yang luas, meliputi cerita pembunuhan, misteri, detektif, suspense, horor, supranatural, spionase, kriminal, perang, petualangan, dan tema-tema semacam itu. Jadi, genre thriller tidaklah identik dengan yang berbau horor. 

Dan karena belakangan ini genre bacaanku cenderung ke thriller, aku ingin merekomendasikan novel-novel thriller yang bisa dibaca gratis di iPusnas:

1. One of Us is Lying - Karen M. Macmanus
One of Us is Lying bercerita tentang lima orang murid beda karakter yang dihukum karena melanggar aturan sekolah. Mereka adalah Simon, Nate, Abby, Cooper, dan Bronwyn. Saat masuk ke ruang hukuman, ternyata seorang di antara mereka meninggal akibat serangan alergi mematikan. Murid yang meninggal itu adalah Simon. Ditemukan banyak kejanggalan dalam peristiwa tersebut. Polisi pun mencurigai keempat murid yang masih hidup sebagai pelaku pembunuhan dan salah satu dari mereka berbohong. Apalagi ketika mengetahui Simon memiliki banyak musuh akibat situs About That yang dikelolanya, berisikan gosip yang membuka aib murid-murid di sekolahnya.

Setelah Simon meninggal, kehidupan empat murid lainnya mengalami perubahan akibat banyak situasi yang menekan. Terlebih, situs About That ternyata juga masih berjalan dan mengumbar aib keempat murid tersebut. Siapa sebenarnya pelaku pembunuhan Simon? Proses penyelidikan pembunuhan ini sangat seru dan menegangkan untuk dibaca hingga akhir. Pemilihan kalimat yang ringan tapi membuat penasaran ini membuatnya jadi salah satu novel thriller terbaik untuk dibaca.

2. The Dry - Jane Harper 
The Dry mengisahkan tentang pembunuhan satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu,dan anak pertama mereka. Hanya anak kedua mereka yang masih berusia 13 bulan yang dibiarkan hidup. Anehnya semua bukti yang dikumpulkan oleh polisi mengarah kepada sang ayah, Luke, yang juga ikut terbunuh dalam pembunuhan tersebut.

Aaron Falk, seorang agen federal yang bekerja di Melbourne dan merupakan sahabat Luke saat remaja, mendapat undangan pemakaman dan sekaligus diminta untuk menyelidiki peristiwa pembunuhan tersebut oleh Gerry, ayah Luke. Falk pun memulai penyelidikan dengan mendatangi orang-orang yang terkait dan mendapat bantuan dari kepala kepolisian setempat. Benarkah Luke tega membunuh anggota keluarganya? 

The Dry mengambil setting di sebuah kota kecil di Australia yang saat itu sedang mengalami musim kering yang panjang, dimana kematian selalu mengintai di tiap sudut membuat ketegangan di novel ini terasa begitu intens. Misteri dan penyelidikan yang dilakukan Falk sangat membuat penasaran dan menarik untuk dibaca hingga akhir.



3. The Girl on The Train - Paula Hawkins
Novel The Girl on The Train mengisahkan tentang seorang wanita yang kecanduan alkohol bernama Rachel Watson yang selalu bepergian dengan kereta komuter yang sama setiap pagi. Saat menaiki kereta ini ia senang memandang orang-orang di sekitarnya. Namun di antara orang-orang yang dia pandang, dia terobsesi dengan pasangan suami-istri yang merupakan tetangga lamanya, Scott dan Megan.

Rachel iri melihat kehidupan mereka begitu sempurna, sedangkan ia sendiri belum bisa move on dari mantan suaminya, menjadi seorang alkoholik, dan dipecat dari pekerjaannya. Suatu ketika Megan menghilang, dan Rachel merasa harus melakukan penyelidikan terhadap menghilangnya Megan. Hal ini membuat Rachel terlibat dengan berbagai kejadian yang menegangkan.

4. The Good Son - Jeong You Jeong
Han Yu Jin terbangun oleh bau anyir darah. Dia kemudian menemukan tubuh ibunya yang sudah terbunuh, terbaring dalam genangan darah di bagian bawah tangga apartemen mereka. Dengan sejarah penyakit kejang-kejang dideritanya sejak kecil, memori Yu Jin sering terganggu. Kejadian yang bisa diingat Yu-Jin semalam sebelumnya hanyalah ketika ibunya memanggil namanya. Namun, apakah sang ibu memanggilnya untuk meminta pertolongan? atau justru untuk memohon pada Yu Jin untuk mengampuni nyawanya?

Maka, dimulailah tiga hari penuh kekalutan dari Yu Jin untuk bisa mengetahui apa yang terjadi malam itu dan untuk pada akhirnya bisa menguak kebenaran tentang dirinya sendiri dan keluarganya. Novel ini penuh kejutan dan membuat kecanduan, The Good Son mengeksplorasi misteri pikiran dan memori manusia, serta hubungan disfungsional antara ibu dan anak laki-lakinya.

5. Dark Matter - Blake Crouch
Dark Matter bercerita tentang Jason Dessen seorang ahli fiisika yang kariernya meredup setelah menikah. Suatu ketika dalam perjalanan pulang berbelanja, Jason diculik, dibius dan saat terbangun dirinya berada di lingkungan yang sama tetapi dengan kondisi yang berbeda. Ia bukanlah seorang pria yang memiliki keluarga, tetapi jenius terkenal yang melakukan berbagai hal-hal istimewa. Bagimana dengan kehidupan Jason sebelumnya? Bisakah ia kembali pada dunianya?

Buku ini menggabungkan kisah science fiction, thriller dan romansa yang mungkin akan membuat kamu ikut memaknai hidup sendiri, dan berangan-angan bagaimana jika kamu membuat keputusan yang berbeda dengan yang telah kamu ambil saat ini.

6. Mr. Mercedes - Stephen King
Cerita Mr. Mercedes dimulai saat sebuah mobil Mercedes curian melaju kencang ke arah ratusan orang yang mengantri di bursa kerja. Saat itu pagi menjelang subuh di sebuah kota Midwest yang lesu dan tiba-tiba sebuah mobil curian datang menggilas antrian tersebut tanpa ampun, mundur lalu menabrak lagi dan kabur begitu saja. Sebanyak delapan orang tewas dan lima belas orang terluka.

Beberapa bulan kemudian, Bill Hodges—seorang pensiunan polisi—menerima surat dari seseorang yang mengaku sebagai pelaku tabrakan brutal tersebut. Ia adalah Brady Hartfield—seorang psikopat yang memiliki perasaan berkuasa ketika berada di belakang kemudi Mercedesnya—yang mengancam akan melakukan serangan lebih dahsyat. Dalam rencana berikutnya ia ingin menghasilkan lebih banyak korban. Tak ingin ancaman tersebut terjadi, Hodges pun kembali aktif demi mencegah tragedi yang lebih mengerikan.

7. Broken Monster - Lauren Beukes
Broken Monster bercerita tentang penemuan sesosok mayat anak laki-laki dengan bagian pinggang ke bawah menyambung dengan tubuh rusa. Detektif Gabriella Versado ditugaskan untuk menemukan pelakunya. Namun di tengah penyelidikan sudah jatuh korban lagi dengan kondisi yang lebih mengerikan.

Di novel ini terdapat beberapa tokoh yang awalnya tidak saling mengenal tapi akhirnya saling terkait akibat peristiwa ini; Layla—putri remaja Gabriella yang memiliki teman bernama Cassandra, Jonno Haim seorang pemuda yang terpaksa pindah ke Detroit demi hidup yang lebih baik bersama pacarnya yang berniat untuk membuat sebuah video berita untuk diunggah ke YouTube, dan Thomas Keen—seorang pria tua yang bertugas mengawasi para tunawisma. Jadi bagaimana mereka semua bisa terhubung? Membaca novel ini memang membutuhkan kesabaran karena jalan ceritanya yang cenderung panjang.

8. Gone Girl - Gillian Flynn
Gone Girl bercerita tentang Amy—seorang wanita penulis buku anak—yang menghilang secara tiba-tiba. Sementara itu, Nick, suami Amy, dituding menjadi dalang di balik hilangnya sang istri.

Padahal, Nick sendiri kebingungan saat tiba-tiba sang istri menghilang. Beberapa petunjuk yang ditemukan di rumah mereka pun, justru menggiring Nick sebagai tersangka utama, dengan tuduhan telah menghabisi nyawa sang istri. Misteri dibalik menghilangnya Amy ini sangat membuat penasaran dan menegangkan untuk dibaca. 

9. Into The Water - Paula Hawkins 
Into The Water bercerita tentang Nel Abbot  yang ditemukan tewas di sungai, beberapa bulan setelah kematian sahabat putrinya yang bernama Katie. Tempat kejadian ditemukan mayatnya itu dikenal sebagai Kolam Penenggelaman—sebuah kolam yang menyimpan banyak misteri. Sebelum Nel, Katie yang bunuh diri di tempat itu. Selain itu ada juga seorang wanita yang ditemukan tewas beberapa tahun sebelumnya, bahkan ada desas-desus di kolam itu juga ada seorang wanita terduga penyihir yang ditenggelamkan. 

Lalu bagaimana dengan kematian Nel? Apakah dia dibunuh? Atau, bunuh diri? 



10. Silent Wife - A.S.A. Harrison 
Silent Wife bercerita tentang sepasang lelaki dan perempuan yang menghabiskan waktu selama dua puluh tahun hidup bersama. Mereka adalah Jodi Brett—seorang psikolog yang memiliki banyak klien dengan berbagai gangguan psikologis—dan Todd Gilber—seorang bos perusahan konstruksi yang membangun gedung-gedung di seantero kota—yang tidak menikah tetapi tinggal seperti suami dan istri di rumah yang sama.

Konflik berawal dari perselingkuhan yang dilakukan oleh Todd bersama Natasha—seorang mahasiswi yang sekaligus putri dari sahabat Todd—yang hamil dan meminta dinikahi olehnya. Namun Todd akhirnya tewas tertembak beberapa hari sebelum pernikahannya bersama Natasha dilaksanakan. Siapakah yang membunuh Todd? Benarkah Jodi yang membunuh Todd?

11. Hush Little Baby - Anggun Prameswari
Hush Little Baby merupakan salah satu novel dari lini urban thriller yang dirilis oleh Penerbit Noura Books. Novel ini bercerita tentang Ruby, seorang wanita sederhana yang beruntung dan menikah dengan Rajata—seorang pengusaha kaya raya. Hidup Ruby terasa sempurna ketika Gendhis lahir. Sayangnya, Ruby kebingungan setelah menjadi ibu. Dia tak tahu bagaimana cara menghentikan tangisan Gendhis. Belum lagi dia dianggap tidak waras setelah melahirkan Gendhis. Padahal yang gila adalah ibu kandungnya sendiri. Ruby pun mulai terbayang-bayang dengan masa lalu buruk ibunya. 

Sampai suatu hari Gendhis hilang dan membuat Ruby makin tidak tenang. Ruby curiga, jika orang-orang di sekitarnya berkaitan dengan menghilangnya Gendhis—membuat Ruby jadi tidak percaya siapapun. Ruby bertekad untuk menemukan Gendhis demi membuktikan bahwa dia bisa menjadi ibu. Tapi untuk itu dia harus menelusuri masa lalunya yang penuh rahasia yang menegangkan. 

12. Negeri Para Bedebah - Tere Liye
Negeri Para Bedebah bercerita tentang Thomas, seorang konsultan keuangan dengan jam terbang yang tinggi. Dia berpendidikan, kaya, dan berpengaruh. Menulis banyak kolom di media massa, dianggap anak muda yang berhasil. Semua teman di klub bertarung bilang bahwa Thomas merupakan anggota yang baik, petarung yang hebat, dengan kehidupan yang lurus. Namun dibalik kesempurnaannya, ternyata dia adalah keponakan dari seorang pemilik bank yang terancam pailit.


13. Negeri di Ujung Tanduk - Tere Liye 
Negeri di Ujung Tanduk ini merupakan sekuel dari novel Negeri Para Bedebah yang sama-sama memiliki cerita setipe dengan buku sebelumnya, bahkan bisa dikatakan mirip.

Jika di Negeri Para Bedebah, Thomas di tokoh utama berprofesi sebagai konsultan muda di bidang ekonomi yang fasih luar dalam seluk beluk perekonomian, di Negeri di Ujung Tanduk, Thomas berkecimpung dalam hitam putih dunia politik.

Novel kedua ini merupakan representasi dunia politik Indonesia dengan segala carut-marutnya. Covernya dengan segala rupa manusia dengan tingkah polah monyet, menganalogikan bahwa dunia politik kita penuh dengan topeng dan segala kepura-puraan.

14. Katarsis - Anastasia Aemilia
Katarsis merupakan novel misteri psycho-thriller yang mengisahkan tentang Tara Johandi, gadis berusia 18 tahun yang menjadi satu-satunya korban selamat dari perampokan berdarah yang terjadi di rumah pamannya. Ketika Alfons, seorang psikiater, tengah berusaha menyembuhkan trauma Tara, muncul serangkaian pembunuhan yang misterius. 

Novel ini ditulis dengan bahasa yang apik sekaligus mencekam, membuat kita enggan beranjak dari buku itu sebelum mencapai halaman terakhir.

15. Rencana Besar - Tsugaeda 
Rencana Besar bercerita tentang penyelidikan sebuah kasus hilangnya dana sebesar 17 milyar  dari pembukuan UBI (Universal Bank of Indonesia). Agung Suditama—wakil direktur UBI, akhirnya merekrut kawan lamanya, Makarim Ghanim. Makarim bukanlah seorang intern apalagi Detektif, ia lebih dikenal dengan kemampuannya dalam membenahi atau membuat suatu sistem baik dalam sebuah perusahaan atau pihak manapun yang membutuhkan bantuannya. Dan Agung percaya bahwa kecerdasan Makarim akan dapat membantunya memecahkan kasus tersebut.

Makarim memiliki akses penuh untuk melihat arsip-arsip UBI di tahun-tahun belakangan. Dari sebagian banyak karyawan yang bertugas, Agung mengajukan tiga nama sebagai tersangka; Rifad Akbar, Amanda Suseno, Reza Ramaditya. Anehnya, ketiga orang ini adalah pegawai-pegawai yang teladan di kantornya, bagaimana bisa mereka malah memiliki motivasi untuk mengambil dana milyaran rupiah?

16. Sudut Mati - Tsugaeda 
Cerita Sudut Mati berkisar antara uang dan politik di dunia korporasi  di Grup Prayogo. Dituturkan dari sudut pandang salah satu anak Prayogo, yaitu Titan, yang itu diminta kembali dari Amerika Serikat untuk mengatasi krisis yang menimpa bisnis keluarganya.

Krisis yang dihadapi Titan tak hanya dari internal perusahaan, tapi juga dari grup saingan. Selain itu juga tambahan subkonflik lain dari keluarganya sendiri yang memiliki hubungan rumit. Novel ini memiliki ide cerita yang apik, yaitu tentang kejahatan kerah putih yang penuh intrik bahkan antarsaudara. 

17. Proyek Maut - Eddy Sindunata 
Proyek Maut bercerita tentang seorang konglomerat Indonesia yang tewas dibunuh di tengah kepadatan lalu lintas Jakarta. Komisaris Hardi pun ditugaskan untuk mengusut kasus pembunuhan yang menghebohkan ini, yang ternyata disusul oleh jatuhnya korban-korban berikutnya.

Penyelidikan Hardi menunjukan bahwa para korban itu terkait dengan sebuah proyek raksasa yang masih dirahasiakan. Proyek itu melibatkan banyak orang penting dan berkuasa di negeri ini. Hardi pun harus berpacu dengan waktu dalam memecahkan misteri proyek raksasa tersebut sekaligus menangkap sang pembunuh demi mencegah jatuhnya korban-korban berikutnya, termasuk dirinya sendiri.

Di tengah penyelidikannya, Hardi juga harus berjuang menyelamatkan putri tunggalnya dari aksi seorang psikopat yang telah melakukan serangkaian pembunuhan berantai. 


Related Posts

9 komentar

  1. wih kerenn ini ada perpustakaan nasional. mantapp deh

    BalasHapus
  2. Udah lama penasaran sama hush little baby, tp blm berkesempatan beli bukunya.. Ternyata ada di ipusnas 😍 Btw, makasi rekomendasinya mba.. jd langsung nambah list buku yg pengen dibaca. Hehehe..

    BalasHapus
  3. Tertarik sm yg stephen king, kebetulan aku selalu suka karya2 bliau, soalnya kerap difilmkan buat judul yg udah2, nah mr mercedes ini yg belum kubaca

    Tapi yang covernya ciamik yang katarsis n hush little baby

    BalasHapus
  4. Bener loh apa yang kamu bilang kalau baca novel thriller itu rasa2nya bikin ogah nutup buku semenyara waktu .. terus penasaran kelanjutan ceritanya gimana.

    Thanks ya info film2 thrillernya.
    Wajib tonton nih ..

    BalasHapus
  5. Halo mba, sebagai penyuka thriller saya jadi merasa bahagia sesaat melihat tulisan ini.

    Saya mau merekomendasikan 2 buku thriller yg bisa mba coba baca di iPusnas. Judulnya Therapy - Sebastian Fitzek & kesetiaan Mr. X - Keigo higashino ✌

    BalasHapus
  6. Wah, banyak diantara buku-buku diatas yang saya tidak tahu kalau ternyata ada di iPusnas, *tepokjidat*. Saya perlu banget baca rekomendasi tentang buku-buku yang ada di iPusnas seperti ini XD

    BalasHapus
  7. Pertama kali dilirik pasti Stephen King master of thriller. Tapi yang lain juga menggoda. Terima kasih sharingnya. Salam kenal.

    BalasHapus

Posting Komentar