[Book Review] Dominasi Alam – Jane Harper

Posting Komentar
"... Kau tidak bakal ingin tersesat di luar sana terlalu lama. Kepanikan akan menguasaimu. Segalanya akan terlihat sama setelah beberapa hari, membuatmu sulit mempercayai apa yang kaulihat."
"Membuat mereka gila." 
Force to Nature - Jane Harper
Background image by freepik | Edited by Petak Imaji 
Lima orang wanita melakukan kegiatan lintas alam bersama di Giralang Ranges. Semua itu dilakukan dengan tujuan meningkatkan kekompakan dan kerja sama mereka—baik di luar maupun di dalam lingkungan kantor. Namun di hari seharusnya kegiatan itu berakhir dan dijadwalkan sebagai hari kepulangan mereka, hanya empat wanita yang kembali.



Agen Polisi Federal Aaron Falk bersama rekannya Carmen sedang menangani kasus pencucian uang yang terjadi di BaileyTennants. Dan Alice Russell merupakan informan bagi Aaron yang memegang bukti penting terkait kasus tersebut. Sayangnya Alice menghilang saat hiking bersama empat rekan kerjanya. 

Hilangnya Alice Russell dikaitkan dengan kasus pembunuhan berantai yang terjadi bertahun-tahun silam di tempat terpencil tersebut. Namun, semakin dalam penyelidikan, Aaron Falk justru menyingkap rahasia-rahasia kelam mengenai para peserta pendakian serta hubungan mereka yang saling berbelit. 

Di tengah dominasi alam yang sulit diprediksi dan mematikan, Falk harus segera menemukan Alice dan memastikan, apakah hilangnya Alice Russell terkait dengan kasus pembunuhan berantai yang terjadi di masa lalu atau berkaitan dengan kasus yang sedang ia selidiki. 
"Entahlah. Mungkin kita tidak bisa mengendalikan siapa diri kita. Mungkin Kita terlahir dalam cara tertentu dan tidak ada yang bisa kau lakukan tentang hal itu." 


Sejak membaca The Dry, aku langsung jatuh cinta dengan tulisan Jane Harper yang begitu menghipnotis. Dan ketika seri kedua dari Aaron Falk terbit dan diterjemahkan, tak butuh waktu lama bagiku untuk segera menyelesaikannya. 

Jika dalam The Dry, agen Aaron Falk berusaha mengungkap kasus pembunuhan temannya di tengah cuaca kering dan panas kota kecil Kiewarra, di Force of Nature Falk berusaha memecahkan misteri dibalik hilangnya Alice di tengah hutan Giralang Ranges yang begitu terpelosok, basah dengan jalinan pepohonan yang terlihat sama persis dan membingungkan. 

Ada dua kelompok yang melakukan pendakian di Giralang Ranges yang berasal dari kantor BaileyTennants—kelompok pria dan wanita—demi melatih kekompakan dan meningkatkan kerja sama di antara mereka. Di kelompok wanita, Alice berangkat bersama empat rekannya; Jill—salah satu bos Alice, Bree—asisten Alice, Laura—rekan kerja sekaligus teman remaja Alice, dan Beth—saudara kembar Bree. 

Mereka dijadwalkan berangkat pada hari Kamis dan kembali pada Minggu pagi. Namun di hari seharusnya mereka kembali, kelompok wanita tiba sangat terlambat—jauh lebih lama dari kelompok pria—dengan keadaan terluka, kacau, serta hanya berempat. Mereka pikir Alice akan tiba lebih dulu karena ia yang berusaha paling keras untuka segera pulang, tetapi ia tidak kembali. Alice hilang di tengah hutan Giralang Ranges.

Pencarian besar-besaran pun dilakukan. Polisi khawatir, jika tidak segera ditemukan, Alice akan tewas terkena hipotermia karena cuaca yang buruk. Atau, kemungkinan yang terburuk adalah Alice menjadi korban seorang pembunuh berantai yang pernah melakukan aksinya di tempat tersebut.

Menggunakan alur maju mundur yang saling bergantian di tiap babnya, pembaca dibuat bertanya-tanya dengan apa yang sebenarnya terjadi pada Alice dan rekan-rekannya selama pendakian, dan mengapa dia sampai menghilang. Falk pun berusaha keras mencari tahu latar belakang para rekan kerja Alice dan hubungan di antara mereka, karena Alice memegang bukti penting untuk kasus yang sedang ditanganinya. 

Seperti The Dry, cerita dalam Force of Nature ini disusun dengan apik dan cerdik. Hutan semak hujan di Giralang Ranges yang menjadi seting utama cerita digambarkan sebagai "tempat dimana pohon-pohon tumbuh lebat dan rapat yang enggan membiarkan apapun lolos" merupakan musuh yang kuat selain para tokohnya. 

Kalau boleh jujur, dari dua buku Jane Harper yang sudah aku baca, aku masih lebih suka cerita dalam The Dry.  Meski secara umum format keduanya tidak jauh berbeda, ketegangan dalam The Dry jauh lebih intens. Plotnya pun terasa lebih menarik dan tidak tertebak. Namun, bagi pencinta novel thriller, Force of Nature tetap merupakan novel yang tidak boleh dilewatkan. 

×××

Judul : Dominasi Alam 
Judul Asli : Force of Nature (Aaron Falk #2) 
Penulis : Jane Harper 
Penerjemah : Dharmawati 
Penyunting : Siska Yuanita 
Desain Sampul : Iwan Mangopang 
Penerbit : GPU 
Terbit : November 2019 
Tebal : 404 hlm. 

Related Posts

Posting Komentar