11 Rekomendasi Manhwa Komedi Romantis yang Tiap Episodenya Bikin Baper

1 komentar
Halo man-teman, apa kabar? Di tengah anjuran pemerintah untuk #stayathome, membaca webtoon atau webcomic merupakan salah satu cara untuk membunuh rasa bosan karena terus-terusan #dirumahaja. 

Buat yang belum tahu apa itu webtoon atau webcomic, webtoon merupakan akronim dari website cartoon. Negara penggagasnya sendiri adalah Korea Selatan, karena itu webtoon dianggap sebagai subgenre dari manhwa (kalau Jepang punya manga, Korea punya manhwa), akan tetapi media publikasi yang digunakan berbeda. Perbedaan antara webtoon dan webcomic hanya terletak pada media publikasinya saja. Jika webtoon merupakan manhwa yang biasanya terbit di Line Webtoon, sedangkan webcomic terbit di Kakaopage. 

Ngomong-ngomong menurut kalian, apa sih yang membuat kalian biasanya tertarik dalam membaca sebuah manhwa?

Kalau aku sendiri biasanya tertarik karena jalan cerita, karakterisasi, art yang memanjakan mata, interaksi antar tokoh atau cerita yang berhasil mengajak pembaca seakan masuk ke dalamnya. Banyak hal yang dapat menjadi alasan kita untuk menyukai sebuah manhwa. Dan tentunya, setiap dari kita pasti memiliki kriteria dan selera sendiri-sendiri.

Jika sebelumnya aku sudah pernah kasih Rekomendasi Manhwa Isekai Romantis Terbaik, kali ini aku mau kasih rekomendasi manhwa komedi romantis yang tiap episodenya sukses bikin pembaca ngakak dan ikutan baper.

Cat and Dog

Joo Yeong-Woo dan Mo Seul-Woo menikah karena perjodohan yang sudah ditentukan oleh keluarga mereka saat mereka masih kecil. Keduanya memiliki kehidupan yang berbeda. Yeong-Woo hidup dengan cara tradisional bersama kakeknya beserta pelayannya, sedangkan Seul-Woo adalah selebriti yang sering terlibat skandal. Bagi Yeong-Woo pernikahannya dengan Seul_Woo adalah sesuatu yang sudah ia nantikan selama bertahun-tahun. Namun bagi Seul-Woo, ia bahkan tidak mengingat sosok Yeong-Woo. 

Webtoon ini pernah diterjemahkan oleh Penerbit Haru beberapa tahun yang lalu dan terbit sebanyak lima volume. Aku tidak menemukan link baca versi Bahasa Indonesianya yang legal. Aku cuma menemukan link baca versi English dan Official RAW saja. 

Girlfriend: Encounter spin off

여자친구 : 드라마 <남자친구> 스핀오프
Jeong Woo-Seok adalah pria yang harus melepaskan cinta pertamanya karena tidak terampil dalam hal percintaan. Saat berlibur di Spanyol, ia bertemu dan berkenalan dengan Han Yu-Jin—seorang wanita penuh semangat layaknya buah jeruk. Awalnya Woo-Seok pikir pertemuan mereka hanyalah hubungan selintas saja, namun saat kembali ke Korea keduanya bertemu kembali dalam sebuah pameran sebagai pihak penyelenggara dan peserta. Meski tahu, mereka pura-pura tak saling mengenal, karena mereka bertemu lagi dalam posisi yang bisa membuat orang lain salah paham. Namun semakin intensnya pertemuan mereka, membuat keduanya saling menyukai satu sama lain.

Seperti judulnya, webcomic ini merupakan spin off dari drama Encounter yang dibintangi Song Hye Gyo dan Park Bo Gum. Meski jalan ceritanya hampir sama, tapi banyak plot yang diubah, dan tentunya tetap menarik untuk diikuti meski sudah pernah nonton dramanya. Kamu bisa membacanya versi Bahasa Indonesia, English atau Official RAW.

I am Gangnam Beauty 

Menceritakan Kang Mi-Rae, yang memutuskan untuk melakukan operasi plastik karena kerap di-bully gara-gara wajah yang dianggap jelek. Tetapi, bahkan setelah operasi plastik pun, ia masih merasa rendah diri dengan penampilannya. Saat masuk kuliah, Kang Mi-Rae ternyata justru mendapat olokan sebagai Gangnam Beauty—sebuatan bagi orang-orang yang operasi plastik. Bukannya makin percaya diri, ia semakin rendah diri karena mendapat ejekan. 

Lalu muncul Do Kyung-Seok—mahasiswa ganteng yang terlihat dingin. Namun siapa yang menyangka jika pria dengan wajah super good looking ini, nyatanya justru kerap menolong Kang Mi-Rae.

Webtoon ini sudah pernah diadaptasi menjadi drama korea berjudul My ID is Gangnam Beauty yang dibintangi Im Soo Hyang dan Cha Eun Woo (ASTRO) pada 2018 lalu. Walaupun sudah pernah nonton dramanya, webtoon-nya tetap kocak dan menarik diikuti. Kamu bisa membaca webtoon-nya versi Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW

Imitation 

이미테이션 イミテーション (RAN) 绯闻女一号
Lee Ma-Ha adalah salah satu anggota girlband Tea Party yang menjadi terkenal karena meniru gaya idol lain. Karena itulah Kwon Ryuk, anggota dari SHAX—boyband yang langsung merajai tangga lagu teratas saat debut—tidak menyukainya. Namun, setelah bertemu beberapa kali dan bekerja bersama, mengapa sosok Ma-Ha tidak bisa lepas dari pikiran Ryuk.

Selain Cat and Dog, webcomic Imitation ini juga pernah diterjemahkan dan diterbitkan oleh Penerbit Haru. Sayangnya, komiknya sendiri hanya terbit sebanyak empat volume. Saat ini ceritanya sudah tamat, yang sudah baca bukunya dan ingin membaca lanjutannya bisa membacanya versi Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW

Noona Fan Dot Com

Jo Ara adalah wanita berusia 30 tahun yang merupakan fans berat Min Joon—personil boyband terkenal 'Shooting Star'. Selama ini Ara menyembunyikan jiwa fans girling-nya karena tak ingin image-nya sebagai pemilik sebuah restoran terkenal di Gangnam tercemar. 

Suatu hari Ara mencari manajer baru untuk membantu menjalankan restorannya, tetapi kenyataannya adalah Min Hyun—manager barunya—merupakan kakak laki-laki Min Joon! 

Webcomic 'Noona Fan Dot Com' ini pernah diadaptasi menjadi drama Korea berjudul 'Her Private Life', dibintangi Park Min-Young, Kim Jae-Wook dan ONE yang tayang pada 2019 lalu. Tetapi banyak plot yang berbeda dan diubah antara webcomic dan dramanya. Meski begitu ceritanya tetap kocak dan menarik diikuti tiap episodenya. Kalau kamu ingin membaca webcomic-nya, kamu bisa membacanya versi Bahasa IndonesiaEnglish atau versi Official RAW

So I Married an Anti-fan 

그래서 나는 안티팬과 결혼했다
So I Married an Anti-fan merupakan webtoon yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama, yang ditulis oleh Kim Eun-Jeong. Bercerita tentang Lee Geun-Yeong, seorang reporter rendahan di sebuah majalah gosip. Ia tinggal bersama temannya karena hampir tidak sanggup membayar uang sewa bulanan apartemen. Suatu hari Geun-Yeong secara tidak sengaja mengetahui rahasia terbesar Hoo Joon—seorang artis papan atas yang selama ini memiliki citra yang bersih. Demi menjaga image-nya, Hoo Joon pun memaksa majalah tempat Geun-Yeong bekerja untuk memecatnya. 

Tak terima dengan perlakuan yang diterimanya, Geun-Yeong pun bertekad untuk membalas dendam pada Hoo Joon untuk menjadi anti-fannya no. 1 dengan membeberkan rahasia-rahasia Hoo Joon yang tak diketahui publik. 

So I Married an Anti-fan ini pernah diadaptasi menjadi film Cina pada tahun 2016 dan dibintangi Park Chanyeol (EXO) sebagai Hoo Joon. Selain itu juga pernah diadaptasi menjadi drama korea di tahun 2018 yang dibintangi Choi Tae-Jun sebagai Hoo Joon dan Soo-Young (SNSD) sebagai Geun-Yeong. 

Novelnya sendiri sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan beberapa kali sudah cetak ulang dan ganti cover. Untuk webtoon-nya sendiri, fyi, ternyata sebelum diterbitkan lewat Naver, So I Married an Anti-fan ini sudah pernah juga diadaptasi oleh Wann (webtoonist Collide). Bahkan komiknya sendiri pernah diterbitkan oleh M&C di Indonesia sebanyak empat volume. Tapi mungkin karena kurang populer, jadi aku sendiri pun kurang tahu (atau aku aja yang kudet? XD), dan hanya tahu adaptasi yang digambar oleh Jaerim sekarang ini. 

Buat yang penasaran dan pengen baca adaptasi versinya Jaerim bisa membacanya dengan  Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW

The Hottest Enemy

Fiery Enemies, 뜨거운 웬수, 火热的冤家
Lee Ga-Ryeong dan Han Je-Yoon jatuh cinta pada pandangan pertama dan langsung menikah walau baru saling mengenal selama satu bulan. Tetapi pernikahan mereka hanya bertahan selama setahun dan akhirnya mereka berdua bercerai karena banyak pihak yang tidak suka dengan kebersamaan mereka. 

Tujuh tahun kemudian, Ga-Ryeong telah menjadi desainer hanbok terkenal dan Je-Yoon menjadi pengacara yang membela orang-orang lemah. Keduanya dipertemukan kembali lewat surat wasiat nenek Ga-Ryeong yang akan memberikan seluruh harta warisannya kepada mereka berdua asal mereka kembali rujuk. 

Tentu awalnya Ga-Ryeong dan Je-Yoon tak mau menuruti surat wasiat nenek karena perceraian mereka dulu tak berakhir dengan damai dan membuat mereka saling bermusuhan setelahnya. Namun karena masalah keuangan, Ga-Ryeong dan Je-Yoon terpaksa kembali bersama. Baca webcomic-nya versi Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW

The Office Blind Date

사내 맞선, お見合い相手はうちのボス, 我和总裁相了个亲
Shin Ha-Ri merupakan karyawan biasa yang hidup pas-pasan. Demi mendapatkan uang tambahan untuk membayar hutang kedai ayam milik orang tuanya, Ha-Ri menerima tawaran sahabatnya untuk menggantikannya mengikuti sebuah acara perjodohan yang telah diatur para orang tua. Tapi siapa sangka, orang yang ditemui Ha-Ri di acara perjodohan adalah Kang Tae-Mu, direktur baru di kantornya yang terkenal galak, kejam dan gila kerja.

Meski telah menyamar saat pergi ke acara perjodohan, Ha-Ri tidak bisa terus-terusan menyembunyikan identitasnya saat di kantor. Apalagi dengan intuisi Tae-Mu yang tajam, membuat Ha-Ri harus bermain kucing-kucingan dengan sang direktur karena takut ketahuan dan dipecat.

Aku suka banget sama webcomic ini karena selain art-nya yang memanjakan mata dengan bertebarnya karakter yang cakep-cakep, plotnya sendiri sering tak terduga dan bikin ngakak. Selain itu  webcomic ini juga sudah sering direkomendasikan para youtuber. Kamu bisa membacanya dengan versi Bahasa Indonesia, English atau Official RAW

The Problem of My Love Affair

Masalah Asmaraku, The Problems With My Love, Watashi no Ren'ai no Mondaiten, Watashi no Renai no Mondaiten, 내 연애의 문제점, 私の恋愛の問題点
Mo Tae-Hee adalah wanita 30-an yang berencana bekerja keras dengan tenang dan mengumpulkan banyak uang sampai waktunya pensiun di perusahaan tempatnya bekerja. Namun, tanpa sengaja ia mengetahui rahasia terbesar Cha Soo-Hyuk—manager baru di kantornya yang berpenampilan sempurna—setelah mereka mnghabiskan malam berdua dan pergi bersama ke sebuah desa terpencil.

Demi menjaga rahasia dalam usahanya untuk mengambil alih perusahaan dari saudaranya yang lain, Soo-Hyuk pun terpaksa merekrut Tae-Hee sebagai asisten pribadinya. Seiring kebersamaan mereka, meski Tae-Hee berusaha sekeras mungkin agar tak terlibat skandal dengan Soo-Hyuk karena ia menanggung hidup keluarganya di desa, ia tidak bisa terus-terusan menyembunyikan perasaannya. Terlebih Soo-Hyuk sendiri yang pertama kali menunjukkan rasa sukanya. Tetapi demi membantu Soo-Hyuk menjadi CEO dan janji mendapatkan masa pensiun yang nyaman, Tae-Hee harus menegaskan garis batas perasaannya.  

Webcomic ini sepertinya tidak sepopuler The Office Blind Date di kakaopage, padahal ceritanya tidak kalah menarik untuk diikuti. Bahkan di tiap episodenya selalu sukses bikin aku ngakak karena plot tidak terduga yang dibuat pengarangnya atau tingkah konyol para tokoh di dalamnya. Yang mau membacanya bisa baca versi Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW

True Beauty 

'True Beauty' yang juga dikenal dengan judul 'The Secret of an Angel' berkisah tentang Lim Ju-Gyeong yang sering di-bully karena wajah dan kecintaannya pada hal-hal yang berbau seram saat SMP. Ketika masuk jenjang SMA, ia pun ingin mengubah citranya dari cewek kuper dan jelek menjadi cewek cantik dan modis dengan bantuan make up. Tetapi gara-gara itu Ju-Gyeong jadi takut menunjukkan wajah tanpa riasan kepada orang lain. 

Saat akan meminjam komik seram kesukaannya, Ju-Gyeong bertemu dengan Lee Su-Ho—murid pindahan yang tanpa sengaja melihat wajah asli Ju-Gyeong. Tak ingin rahasianya terbongkar, ia pun rela melakukan apa saja yang diperintahkan Su-Ho. 

Kabarnya, webtoon ini juga akan segera diadaptasi menjadi drama korea yang dibintangi Cha Eun Woo (ASTRO) sebagai Lee Su-Ho. Meski webtoon-nya masih belum tamat, tetapi tidak ada salahnya untuk membacanya dengan versi Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW sebelum nonton dramanya nanti.

Why Secretary Kim? 

Lee Young-Jun adalah seorang pria narsistik yang serba bisa yang merupakan Presiden Grup Yuil yang terkenal karena ketampanannya. Selama ini hidupnya berjalan tanpa rintangan berkat bantuan sekretaris pribadinya yang cantik dan berpenampilan sempurna bernama Kim Mi-So yang selalu siap siaga menyiapkan segala kebutuhan Young-Jun. 

Tetapi, suatu hari Mi-So mendadak mengatakan jika ia akan mengundurkan diri dari pekerjaannya. Tentunya hal itu membuat Young-Jun kalang kabut karena baru menyadari arti penting sekretaris Kim yang telah bekerja dengannya selama sembilan tahun. Karena itu Young-Jun pun melakukan segala cara untuk membuat sekretaris Kim tetap di sisinya. Baca versi Bahasa Indonesia, English atau versi Official RAW

Related Posts

1 komentar

  1. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus

Posting Komentar