Around The World Reading Challenge 2021

3 komentar

 “I haven’t been everywhere, but it’s on my list.” – Susan Sontag

Halo, semuanya... Selamat Tahun Baru 2021!! Semoga di tahun baru ini jiwa kita dipenuhi terus dengan semangat yang baru dan perubahan baru yang lebih baik tentunya, guna menghadapi tantangan hidup yang sepertinya semakin berat saja tiap tahun. 

Latar Belakang Around The World Reading Challenge 2021

Sejak pandemi Covid-19 diumumkan secara resmi oleh WHO pada Maret 2020 lalu, hampir seluruh negara di dunia menutup akses untuk masuk negara tersebut guna menekan penyebaran virus Covid-19. Hal ini tentunya berdampak pada tidak bebasnya orang-orang untuk mengunjungi negara-negara yang menjadi destinasi impian mereka. 

Tetapi sebagai rakyat missqueen yang nggak punya dana untuk traveling ke luar negeri, pelarangan tersebut tidak banyak berdampak buatku. Karena selama ini aku sudah cukup puas dengan hanya traveling dan mengenal berbagai macam budaya negara lain lewat buku yang kubaca. 

Nah, di tahun 2021 ini, aku ingin mengajak kamu buat ikutan Around The World Reading Challenge 2021 yang pertama kali aku bikin ini. Tantangan baca ini terinspirasi oleh World Reading Challenge di blog Tale_Away. 

Tujuan Around The World Reading Challenge 2021

Tujuan aku mengadakan tantangan ini adalah untuk mengajak orang-orang bepergian ke berbagai kota di berbagai negara lewat buku yang dibaca. Karena untuk mengenal sebuah kebudayaan atau latar suasana dan tempat suatu negara, tidak harus berkunjung dulu ke sana. Semua itu bisa didapatkan juga dari buku. 

Selain itu, dengan membaca buku berlatar berbagai negara membuat mata kita lebih terbuka dengan beragamnya budaya yang ada di dunia. Tantangan baca ini mungkin juga bisa menginspirasimu untuk berkunjung secara langsung ke negara tersebut setelah kamu membaca bukunya. 

Syarat Around The World Reading Challenge 2021

Okay, buat yang mau ikutan, berikut syaratnya:

  1. Around The World Reading Challenge 2021 bisa diikuti oleh siapa saja yang berdomisili di Indonesia.
  2. Ikuti blog Petak Imaji via Google Friend Connect dengan menekan tombol "Ikuti" di menu Readers di samping kanan blog, atau lewat Email Subscription di bagian bawah blog.
  3. Ikuti akun Instagram dan Twitter @dabelyuphi.
  4. Buku yang dibaca dan diikutsertakan dalam Around The World Reading Challenge 2021 adalah buku yang dibaca sejak 1 Januari s.d. 31 Desember 2021.
  5. Tantangan baca ini boleh digabung dengan tantangan baca yang lain.
  6. Tantangan baca ini bisa diikuti dalam media sosial apapun, seperti: blog, instagram, twitter, facebook, goodreads, youtube dan lain sebagainya. 
  7. Dipersilakan membuat Master Post sebagai tanda keikutsertaan kamu dalam tantangan baca ini dan share di akun medsos dengan hastag #AWRC2021 dan tag akun @dabelyuphi (tidak wajib). 
  8. Share foto sampul buku dan beri ulasan yang menarik dari buku yang kamu baca tersebut di akun medsos. Jangan lupa selalu gunakan hastag #AWRC2021 dan tag akun @dabelyuphi. Sertakan juga gambar banner Around The World Reading Challenge 2021 yang bisa diunduh di sini
  9. Masukkan link dari buku yang kamu share dan ulas tadi di Mister Linky di bawah. 
  10. Dipersilakan membuat postingan Wrap Up Around The World Reading Challenge 2021 di akhir periode nanti untuk melihat berapa banyak negara yang telah kamu kunjungi lewat buku selama tahun 2021. Batas pembuatan Wrap Up adalah 31 Desember 2021.

Ketentuan Buku Around The World Reading Challenge 2021

Menurut Wikipedia, jumlah negara yang terdaftar dan menjadi anggota PBB adalah 193 negara. Dan ketentuan buku yang diikutkan dalam Around The World Reading Challenge 2021 antara lain:

  1. Buku yang dibaca dan diikutsertakan dalam Around The World Reading Challenge 2021 ini adalah buku-buku dari penulis lokal maupun luar negeri, baik berupa buku cetak maupun digital, dan buku yang dibaca harus buku original (bukan bajakan!). 
  2. Untuk satu negara hanya diperbolehkan membaca maksimal 2 (dua) judul buku dan harus dari kota berbeda untuk diikutkan dalam tantangan ini. 
  3. Genre buku bebas, silakan mau baca buku fiksi atau nonfiksi buat ikutan tantangan ini. 

Hadiah Around The World Reading Challenge 2021

Di akhir periode Around The World Reading Challenge 2021 nanti, semua link yang masuk dalam Master Linky akan aku undi secara acak pada tanggal 1 Januari 2021. Satu link yang terpilih akan mendapat hadiah berupa buku pilihan sendiri senilai maksimal Rp 120.000 (termasuk ongkos kirim)

Hadiah insyaAllah akan aku tambah jika punya rezeki lebih. 

Master Link Around The World Reading Challenge 2021

Silakan masukkan link share dari buku yang kamu baca di Mister Linky di bawah

↓↓↓

↑↑↑

Dengan format:

  • Pada bagian "Your Name" silakan diisi dengan Akun Medsos / Negara, Kota / Judul Buku. Contoh: @dabelyuphi / Indonesia, Jakarta / Resign
  • Pada bagian "Your URL" silakan diisi dengan link ulasan buku yang kamu baca.

Jika ada pertanyaan atau ada syarat dan ketentuan yang belum jelas, jangan ragu buat tanya di kolom komentar. 😉

Related Posts

3 komentar

  1. Semangat buat tantangannya, saya belum bisa ikutan soalnya sedang berjuang mengembalikan semangat membaca buku yang di tahun 2020 kemarin, mengendur signifikan.

    BalasHapus
  2. Ikuuutttt, sudah submit ulasan pertama ke misterlinky, wish me luck XD

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar