10 Rekomendasi Novel Thriller Asia di iPusnas

2 komentar

Entah sejak kapan, beberapa waktu belakangan ini aku lebih suka membaca novel bergenre thriller—terutama psychological thriller dari Asia. Mungkin karena novel thriller memang memiliki daya tarik tersendiri karena menyajikan alur cerita penuh ketegangan namun tetap menggugah rasa penasaran bagi pembaca. Plot twist yang tidak terduga, juga menjadi salah satu faktor yang membuat genre ini sangat populer di kalangan pecinta buku.

Nah, berikut ini aku akan kasih Rekomendasi Novel Thriller Asia yang bisa dibaca gratis di iPusnas: 

1. The Good Son - Jeong You Jeong 

Novel psychological-thriller ini merupakan buku karya penulis best-seller terkenalnya Korea. Alih-alih mengajak pembacanya untuk menebak-nebak siapa dalang dari pembunuhan yang terjadi di cerita, novel ini lebih fokus menceritakan sisi psikologis si tokoh utama.

Yu-jin, pria berusia 26 tahun yang tinggal bersama ibu dan saudara laki-lakinya, terbangun dengan seluruh tubuhnya berlumuran darah. Dalam keadaan setengah sadar, ia melihat noda darah dan jejak kaki berdarah berserakan di lantai marmer. Begitu pula sprei, selimut, bantal dan segala tempat yang bersentuhan dengannya. Ia sangat terkejut dan kaget karena saat itu hanya ada dia dan ibunya di rumah. Di sisi lain, dia juga tidak mengetahui siapa pembunuh ibunya.

Bersama tokoh Yu-jin, di sini kita akan diajak menelusuri informasi tentang siapa atau apa penyebab dari pembunuhan ibunya. Tak disangka, penelusurannya tersebut justru membawanya pada pengungkapan karakter kepribadiannya sendiri yang tak pernah ia ketahui sebelumnya.

2. The Tokyo Zodiac Murders - Soji Shimada

"Tokyo Zodiac Murder" karya Soji Shimada memulai ceritanya pada tahun 1936, ketika seorang seniman dibunuh secara misterius dan brutal di Tokyo. Polisi menemukan rencananya untuk menciptakan Azothseorang wanita sempurnadari potongan-potongan tubuh kerabatnya.

Meskipun polisi dan detektif telah menyelidiki kasus tersebut lebih dari 40 tahun, misteri kasus tersebut masih belum terpecahkan hingga tahun 1979, ketika astrolog Kiyoshi Mitarai memperoleh dokumen tersebut. Bersama ilustrator Kazumi Ishioka, mereka memulai perjalanan untuk menemukan pembunuhan Zodiak Tokyo dan pencipta Azoth, yang telah lama menghilang.

3. Malice - Keigo Higashino 

Menceritakan sosok novelis yaitu Hidaka Kunihiko, yang ditemukan tewas tercekik di rumahnya pada malam hari jasadnya ditemukan di kantornya yang terkunci oleh istrinya, serta sahabat yang merupakan rekan sesama penulis, Nonoguchi Osamu. Namun, keduanya masing-masing memiliki alibi kuat.

Detektif Kaga Kyoichiro yang menyelidiki kasus tersebut menemukan bahwa hubungan Hidaka dengan sang sahabat, Nonoguchi Osamu, ternyata berbeda dengan apa yang diceritakan oleh Nonoguchi.

Uniknya, Nonoguchi mendokumentasikan penyelidikan atas pembunuhan sahabatnya itu, sebagai sebuah karya tulis berupa memoar, dan ini membuat Detektif Kaga cemas.

4. Murder in The Crooked House - Soji Shimada

Murder in The Crooked House atau Pembunuhan di Rumah Miring bercerita tentang sebuah rumah yang tidak biasa yang konon terletak di atas tebing yang tertutup salju dan menghadap ke lautan es terpencil di ujung utara Jepang.

 Suatu hari, seorang pria  ditemukan terbunuh di sebuah kamar.  Polisi pun datang untuk menyelidiki kejadian rumah aneh tersebut. Namun karena polisi tidak mampu memecahkan misteri tersebut, detektif Kiyoshi Mitarai dipanggil.

Bisa dibilang, novel ini merupakan novel lanjutan dari The Tokyo Zodiac Murders namun memiliki cerita yang terpisah.

5. The Newcomer - Keigo Higashino

The Newcomer merupakan novel dari seri Detektif Kaga, yang menceritakan kisah dari Detektif Kaga Kyoichiro, yang baru saja pindah tugas ke Nihonbashi, Tokyo. Meski Detektif Kaga masih baru, ia memiliki segudang pengalaman dalam menangani kasus kriminal. Setelah itu, dia pun bergabung dengan tim yang menyelidiki pembunuhan seorang wanita.

Tetapi semakin dalam ia menyelidiki kasus tersebut, semakin banyak pula orang yang terlibat dan tersangka baru yang muncul. Faktanya, hampir semua orang yang tinggal dan bekerja di Nihonbashi bisa digolongkan sebagai pelaku.

Kaga pun mencoba menyelidiki masa lalu korban, mulai dari riwayat keluarga hingga hari-hari terakhir hidupnya—mencoba mencari petunjuk yang akan membawanya ke pelaku utama.

6. Second Sister - Chan Ho-Kei 

Novel ini bercerita tentang Nga-Yee, seorang kakak yang baru saja kehilangan adiknya yang bunuh diri dengan cara melompat dari jendela lantai 20. Ia yakin bahwa adiknya nekat mengakhiri hidup karena suatu hal yang berhubungan dengan media sosial. Dia pun menyewa seorang hacker untuk membantunya menjelajahi internet guna mencari penyebab kematian adiknya.

7. 7 Years of Darkness - Jeong You Jeong 

Dengan latar belakang misteri Waduk Seryeong, novel ini berkisah tentang seorang bocah kecil bernama Choi Se Won yang mengalami kepahitan hidup karena ayahnya menjadi terpidana kasus pembunuhan.

Hingga tujuh tahun berlalu, Se Won mulai memahami dan ingin mencari tahu tentang kasus pembunuhan yang melibatkan ayahnya. Sebenarnya apa yang terjadi saat itu dan bagaimana kejahatan yang sebenarnya akan terungkap?

8. The Memory Police - Yoko Ogawa

Bercerita mengenai penduduk di suatu pulau tak bernama, yang hidup di bawah kekuasaan rezim yang kejam, perlahan mereka mengalami amnesia.

Ingatan yang dimiliki berangsur hilang. Tetapi ada beberapa orang yang tidak lupa, entah pu mengapa, dan Polisi Kenangan bertugas mengatasi orang-orang seperti ini. Ketika seorang novelis muda mendapati editornya terancam akan dibawa pergi oleh Polisi Kenangan, dia berupaya menyelamatkan sang editor. Editor itu adalah satu dari segelintir orang yang tidak melupakan, dan makin lama semakin sulit baginya untuk menyembunyikan hal ini. Apakah mereka berhasil lolos dari kejaran Polisi Kenangan?

9. Diary of a Murderer - Kim Young Ha

Buku ini tentang Kim Byeong Su, seorang pria berusia 70 tahun yang merupaka mantan pembunuh berantai.

Di usianya yang semakin tua, ia mulai kehilangan ingatan akibat demensia. Akhirnya ia memutuskan menuliskan semua ingatannya, mulai dari kehidupan awal ia melakukan pembunuhan hingga saat ini ia hanya pria tua yang ingin menjalani hari tuanya dengan normal.

10. Kesetiaan Mr. X - Keigo Hishagino

Kesetiaan Mr. X adalah buku pertama dalam seri Detektif Galileo karya penulis Keigo Higashino. Bercerita tentang detektif Kusanagi yang memimpin penyelidikan penemuan mayat seorang pria.

Penyelidikannya mengarah pada mantan istri mayat tersebut, Yasuko, namun wanita tersebut memiliki alibi yang kuat. Yasuko dibantu dan dilindungi oleh tetangganya, Ishigami, seorang ahli matematika.

Sementara itu, Detektif Kusanagi meminta temannya, Dr. Manabu Yukawa, yang  dikenal sebagai Detektif Galileo, untuk menyelesaikan kasus ini. Detektif Galileo merasakan adrenalin terpacu dalam dirinya karena dia harus menghadapi seseorang yang benar-benar menakjubkan seperti Ishigami.


Novel thriller memang bisa menjadi alternatif bacaan bagi kamu yang bosan dengan genre lain. Selain menegangkan dan mengasyikkan, novel thriller dapat membantumu mempertajam pikiran dan meningkatkan kemampuan analitis. Sebab kita akan diminta menebak siapa pelaku utama dari cerita tersebut.


Related Posts

2 komentar

  1. Yang paling menarik dari novel thriller adalah ceritanya yang bikin penasaran dengan motif dan pembunuhnya. Ini yang bikin pembaca betah ikut menelusuri kasusnya. Dari 10 judul di atas, saya kebetulan sedang membaca yang Malice. Dan menarik banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo gitu ditunggu ulasan novel Malice-nya. Dulu udah pernah baca, tapi udah lupa sebagian besar alurnya. Hehe..

      Hapus

Posting Komentar