Tantangan Baca 2020

6 komentar
“Aku tak mau menandaimu sebagai ‘masalah’ karena buatku kamu adalah ‘tantangan.”
(How To Stay Single - Christian Simamora)

Tahun baru biasanya diikuti dengan memperbarui tantangan baca. Tetapi, meski tanggal di bulan Januari sudah terlewat lebih dari setengahnya, aku sendiri masih bingung untuk mengikuti tantangan baca mana. Sebenarnya ada beberapa Tantangan Baca 2020 yang sepertinya menarik untuk diikuti, tapi mengingat seringnya terkena reading slump kalau memaksakan untuk membaca buku tertentu, jadi agak malas ragu mengikutinya. 

Dan beberapa Tantangan Baca 2020 yang aku ikuti berikut ini adalah tantangan yang sekiranya cukup santai untuk diikuti dan bisa digabungkan dengan tantangan baca yang lain.

Tantangan Baca 2020


1. Goodreads Reading Challenge 2020

Tahun ini aku sedikit menaikkan target baca di Goodreads Reading Challenge dari tahun sebelumnya. Semoga saja bisa berhasil menyelesaikannya. 

2. Proyek Baca Buku Perpustakaan 2020

Tantangan baca yang selalu berhasil membuat mood baca tetap stabil. Yang ingin ikutan tantangan ini bisa membaca aturannya di [Master Post] Proyek Baca Buku Perpustakaan 2020


3. Joglosemar Reading Challenge 2020

Tantangan baca ini cukup santai untuk diikuti karena tidak diwajibkan untuk membuat review-nya. Yang paling penting adalah mengurangi timbunan yang dimiliki.

Dan untuk kategori Buku favorit/rekomendasi teman Joglosemar, berikut pilihannya:

4. Tantangan Baca Goodreads Indonesia

Pertama kalinya coba ikutan tantangan baca dari Goodreads Indonesia. Tiap bulan sudah ditentukan temanya. Semoga nggak bikin reading slump saat mengikutinya 🙈

4. Dice Roll Reading Challenge


View this post on Instagram

Selamat pagi semuanya. Hari baru, tanggal baru, kalender baru, semoga semangatnya terus baru. Melihat antusiasme teman-teman untuk ikutan #dicerollrc saya memutuskan untuk membuka challenge ini selebar-lebarnya, tentunya dengan beberapa persyaratan yang semoga tidak memberatkan.⁣ ⁣ Intinya, saya mengajak teman-teman untuk membaca buku-buku tertentu dengan tema-tema tertentu yang bakal dikocok setiap bulannya (oleh saya, via random.org). Jadi, pantengin akun saya untuk tahu tema baru setiap tanggal 1 yaaa.⁣ ⁣ Persyaratan challenge ini nggak susah, kok.⁣ ⁣ 1. Kalian diwajibkan follow akun saya (tentu saja supaya nggak ketinggalan info tema barunya).⁣ 2. Kalian tidak diwajibkan share pengumuman ini, juga tidak diwajibkan share progress baca. Tapiiii... supaya meramaikan dan banyak teman-teman lain yang tahu challenge ini, kalian boleh menyebarluaskanya menggunakan berbagi sosial media kalian semua. Gunakan tagar #dicerollrc setiap kali membuat postingan yang berhubungan dengan challenge ini.⁣ 3. Tag teman-teman kalian yang sekiranya tertarik dengan challenge ini di kolom komentar.⁣ 4. Membaca buku sebanyak-banyaknya semampu kalian sesuai tema setiap bulannya.⁣ 5. Membuat review buku yang dibaca (boleh dilakukan di satu postingan Instagram, atau di Goodreads, atau di blog).⁣ 6. Mengisi form di bit.ly/dicerollrc apabila selesai membaca buku.⁣ 7. Boleh membaca buku fisik atau buku digital (asalkan legal, kalau baca buku bajakan, maaf kamu bukan golongan kami 😛).⁣ ⁣ Hadiahnya?⁣ ⁣ Sebagai bentuk apresiasi kepada kalian yang ikutan, saya akan memberi hadiah setiap dua bulan sekali. Mekanisme pemenang dilakukan secara random (sesuai nama, Dice Roll Reading Challenge 🎲). Hadiah bisa berupa voucher buku, paket spesial, dll. Jangan dilihat dari nominalnya yaaa, yang penting kita semua seru-seruan dan supaya kalian (terutama saya) semangat bacanya kalau sedikit diberi tantangan 😄😄😄⁣ ⁣ Terakhir. Karena tantangan ini berlangsung selama satu tahun, saya meminta bantuan teman-teman untuk mengingatkan saya selaku host, misalnya terlupa untuk merandom tema baru setiap awal bulan, dan jika terlupa memilih pemenang setiap dua bulan sekali.⁣ ⁣ Selamat mengikuti tantangan!
A post shared by Nisa Rahmah (@niesya_bilqis) on
Tantangan ini digagas oleh Kak Nisa @niesya_bilqis. Tertarik ikutan karena ada iming-iming hadiahnya 🙈 Dan sepertinya juga menarik kalau tiap bulan tema bacaan ditentukan dengan mengocok dadu dulu.

Demikianlah Tantangan Baca 2020 yang akan aku ikuti. Semoga nggak bikin jadi labil selama prosesnya. 😅

Catatan

Artikel akan diperbaharui sekiranya ada tantangan baca lain yang menarik. 


Related Posts

6 komentar

  1. Ternyata banyak juga ya tempat untuk baca novel, apalagi ada tantangan bacanya. Itu kalo berhasil dapat hadiah tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo Proyek Baca Buku Perpustakaan 2020 ada voucher buku 100k yang diundi nanti pas akhir periode kalo ikutan.

      Hapus
  2. Saya masih nyaman ikutan 2020 Reading Challenge yang dari Goodreads. Walaupun sampai saat ini belum pernah berhasil tercapai. Tapi nggak pernah bosen untuk ikutan, terlepas apa pun hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 semoga tahun ini bisa berhasil ya GRC-nya!

      Hapus
  3. Wuaa 100 buku, hebat Mba.. ikutan challenge gini emank seru buat bikin makin semangat baca yg banyak ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 buku kan nggak semuanya buku kak 🙈 mungkin sepertiganya manga atau webtoon, karena lagi demen bacanya.

      Hapus

Posting Komentar