Top 10 Manga & Webtoon of 2019 (+ Tempat Baca Legal)

2 komentar
“Even if it’s impossible, I want to escape with everyone. Let’s figure it out. I don’t want all of us to die. But there’s no option to leave them behind. I want Conny to be the last. I don’t want anyone to end up like that ever again. If there isn’t one, then let’s make a place for humans to live outside. Let’s change the world.”
– Emma (The Promised Neverland)

Assalamualaikum readers... Jika sebelumnya aku telah menuliskan Top 10 Books of 2019, kali ini aku ingin kasih tahu 10 manga dan webtoon terbaik yang aku baca sepanjang 2019.

Selama tahun 2019, lebih dari sepertiga bacaanku merupakan manga dan webtoon. Biasanya sih tidak banyak yang aku masukkan di rak Goodreads, jadi lupa apa saja yang sudah aku baca selain novel. Tetapi karena sekarang lebih rapi dan rajin masukin manga dan webtoon yang sudah kubaca, jadi lebih mudah untuk menentukan mana yang paling aku suka di antara mereka

Top 10 Manga and Webtoon of 2019 



1. Who Made Me a Princess (어느 날 공주가 되어버렸다)
Author : Spoon (Illustrator) 
Genre : Fantasy, Historical, Isekai, Drama, Family 
Chapter : 51+ (ongoing) 
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Ketika aku membuka mataku, aku telah menjadi seorang putri! Tapi dari semua karakter dalam novel roman ini, mengapa sang putri harus memiliki nasib mati di tangan untuk ayah kadunya sendiri! Jika aku ingin hidup, aku tidak boleh terlihat oleh ayahku yang seorang kaisar itu.
“Kapan baji**** semacam ini mulai tinggal di istanaku?”
Pria yang tidak memiliki setetes darah pun atau air mata untuk dijatuhkan, kaisar dingin Claude! Akankah Atanasia yang telah ditangkap oleh kaisar dapat bertahan?
“Aku … Apa yang harus kulakukan …?”

2. Survive As The Hero's Wife (양판소 주인공의 아내로 살아남기)
Author : AhBin (Illustrator), Nokki
Genre : Drama, Fantasy, Romance, Isekai 
Chapter : 55+ (ongoing) 
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Seorang wanita yang telah mati hidup kembali di dalam novel yang pernah dibacanya. Sayangnya, wanita itu hidup menjadi Canaria Easter, si tokoh antagonis. Akhir cerita novel tersebut adalah Canaria akan mati di tangan suaminya sendiri. Tapi, jika canarya berlaku baik ke pangeran sejak kecil, nantinya dia bisa bercerai secara damai, kan?

3. Light and Shadow (빛과 그림자)
Author : Ryu Hyang, Hee Won (Illustrator)
Genre : Drama, Romance, Historical, Adult
Chapter : 103 (end)
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Edna seorang budak yang dijadikan tumbal untuk menikahi pangeran Eli, Eli merasa penasaran dengan identitas sesungguhnya dari Edna, Sebenarnya apa identitas asli dari Edna? bagaimana kehidupan pernikahan Edna dan Eli?

4. The Promised Neverland (約束のネバーランド)

Author : Kaiu Shirai, Demizu Posuka
Genre : Drama, Horror, Mystery, Psychological, Shonen, Supernatural, Tragedy
Chapter : 162+ (ongoing)
Read >> Bahasa Indonesia | English | Japanese 
Synopsis : Emma (11 tahun) adalah seorang anak yatim piatu yang tinggal di Grace Field House, sebuah panti asuhan kecil yang menampungnya beserta 37 anak lainnya. Hidupnya sangat diberkahi; dengan makanan yang terasa lezat, tempat tidur yang nyaman, pakaian seputih salju, cinta dari "Mama" sekaligus pengasuh mereka yang bernama Isabella, dan ujian harian yang selalu dikuasai Emma dengan dua sahabat baiknya, Ray dan Norman. Para anak yatim piatu ini pada dasarnya diperbolehkan melakukan apa pun yang mereka inginkan, kecuali untuk keluar dari gerbang yang menghubungkan panti asuhan tersebut dengan dunia luar.
Pada sebuah malam yang menentukan, seorang anak yatim piatu bernama Conny dikirim ke luar untuk diadopsi, tetapi Emma dan Norman mengikutinya dan mereka menemukan Conny telah mati. Mereka menyadari kebenaran bahwa panti asuhan tersebut merupakan ladang tempat anak-anak manusia dibesarkan sebagai makanan bagi makhluk sejenis monster. Lebih buruk lagi, pengasuh mereka Isabella bersekutu dengan para monster tersebut.

5.  A Tender Heart: The Story of How I Became a Duke's Maid (날것: 공작가의 하녀로 빙의했습니다)
Author : Roha (Illustrator), Jooahri
Genre : Romance, Fantasy, Isekai, Historical
Chapter : 41+ (ongoing)
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Bagaimana kalau karakter kesukaan yang kamu kira pemeran pria utama, ternyata hanyalah pemeran tambahan saja? Tak berhenti sampai di situ, bagaimana kalau karakter itu gagal mendapatkan cintanya dan berakhir dieksekusi mati? Setelah menangisi akhir tragis tokoh kesukaanku dalam novel, tiba-tiba aku terbangun sebagai pelayan bernama Evelina. Inilah perjalananku menjadi pelayan Leandro Cyril Bellaviti, penerus keluarga Duke yang terkena kutukan mengerikan!

6. The Reason Why Raeliana Ended up at the Duke's Mansion (그녀가 공작저로 가야 했던 사정)
Author : Whale, Milcha
Genre : Romance, Fantasy, Isekai, Historical
Chapter : 105+ (ongoing)
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Aku yang akhirnya berhasil masuk ke perguruan tinggi setelah mengalami beberapa kali kegagalan, namun aku di dorong dari atas gedung, ketika aku berpikir hidupku sudah tamat malah terbangun di dalam dunia novel, itupun novel yang ku tahu semua alur ceritanya?? Aku harus bertahan, aku harus kembali ke duniaku!!

7. What It Takes to be a Villainess (악녀의 정의) 
Author : Min (REDICE) (Illustrator), Sola, Yuns (Illustrator)
Genre : Romance, Historical, Fantasy, Isekai
Chapter : 90+ (ongoing)
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Di hari terburuk dalam hidupku aku malah mati konyol. Disaat ku kira kehidupanku berakhir, ketika membuka mata aku terlahir kembali? dan kehidupan ku kali ini adalah menjadi wanita jahat yang merebut pria lain???

8. The Monster Duchess and Contract Princess (괴물 공작의 계약 공녀) 
Author : Minjack (Illustrator), Liaran
Genre : Drama, Fantasy, Supernatural, Romance
Chapter : Drama, Romance, Fantasy, Historical
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Siapa bilang menjadi putri seorang bangsawan adalah suatu kenikmatan? Bagi Leslie, hidupnya tidak lebih dari sekadar menjadi pengganti hidup kakaknya. tidak hanya itu, ia juga harus menjadi tumbal untuk membangkitkan sihir yang turun-temurun ada di dalam keluarganya. Berhasilkah leslie menyelamatkan dirinya dari seluruh penderitaan ini?

9. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (鬼滅の刃)
Author : Koyoharu Gotouge
Genre : Adventure, Historical, Demon, Fantasy
Chapter : 188+ (ongoing)
Read >> Bahasa Indonesia | English
Synopsis : Tanjirou Kamado, pemuda sulung dari keluarga yang kurang mampu dan tinggal di pedalaman gunung pada era Taisho. Sejak dahulu kala, terdapat rumor mengenai Oni (Iblis Pemakan Manusia) yang bersembunyi di hutan. Karena itu, penduduk setempat tidak pernah berani keluar di malam hari.
Sejak kematian ayahnya, Tanjirou menggantikan ayahnya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Meski kehidupan mereka sangat berat, mereka merasakan kebahagiaan dan kehangatan yang luar biasa dari keluarganya. Tapi, kebahagiaan itu hancur saat Tanjirou melihat keluarganya dibantai saat dirinya meninggalkan rumah untuk bekerja menjual arang di Kota. Tidak hanya itu, satu-satunya keluarganya yang selamat, adik perempuannya Nezuko, berubah menjadi Oni. Namun yang mengejutkannya, Nezuko masih menunjukkan emosi dan pemikiran manusia dengan mencoba melindungi Tanjirou dari serangan Pembasmi Oni. Dimulailah perjalanan Tanjirou untuk melawan Oni dan mengembalikan adiknya menjadi manusia kembali.

10. The Villain's Savior (악역의 구원자) 
Author : Zetson (Illustrator), Myeong Rang, YeonSeulA
Genre : Drama, Fantasy, Romance, Tragedy, Adult
Chapter : 40+ (ongoing)
Read >> Bahasa Indonesia | English | Korean
Synopsis : Azef Randell ditakdirkan mati setelah menjalani kehidupan dalam kegelapan. Eljey Tiathe bertekad menyelamatkan Azef dari kegelapan yang menggerogotinya. Tapi tiba-tiba simbol dewa Eljey muncul. Sayangnya, Azef tidak memiliki simbol dewa yang berarti Azef bukan pasangan takdir Eljey. Eljey pun tidak bisa mencintai Azef. Apa Eljey masih bisa menyelamatkan Azef sambil menyembunyikan simbolnya?

Yup, itulah Top 10 Manga and Webtoon of 2019 versiku. Agak susah juga menentukan mana yang paling aku suka. Dan sebagian besar pun bergenre Isekai 😂.

Dari daftar di atas, adakah yang merupakan favoritmu? Atau, kamu punya manga atau webtoon favorit lain? Siapa tahu bisa jadi bahan bacaan tahun depan 😁

Baca juga:

Related Posts

2 komentar

  1. Kayaknya saya salah satu yang masuk ke kategori pusing baca balon-balon manga. Makanya lebih nyaman nonton animenya.

    Anime yang sekarang ditunggu setiap Selasa yaitu Black Clover atau Semanggi Hitam. Bagus banget ceritanya, hehe.

    Jadi belum ada euy satu judul manga favorit untuk tahun ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo baca manga itu dari kanan atas ke ke kiri bawah. sedangkan webtoon/webcomic dari kiri atas ke kanan bawah. hehe

      wah Black Clover, udah agak lama tuh masuk daftar to watch, tapi belum ada niatan nonton. udah jiper sama duluan sama jumlah episodenya 🙈 mungkin kapan-kapan kalo pas kena reading slump. soalnya banyak yang bilang bagus juga sih.

      Hapus

Posting Komentar