"ibuk", Aplikasi Sewa Buku yang Mudah, Murah dan Praktis

4 komentar
Sumber gambar freepik 
Saat Harbolnas Desember kemarin, secara tidak sengaja aku menemukan aplikasi ibuk ini di instastory seseorang. Saat itu sedang berlangsung promo sewa buku digital apa saja secara gratis selama seharian. Namanya barang gratis, pastinya akan menarik perhatian. Jadi tanpa pikir panjang aku langsung mengunduh dan memasangnya di ponsel.



Tentang ibuk

ibuk merupakan sebuah aplikasi untuk sewa dan baca buku digital. Hampir mirip iPusnas, bedanya, buku-buku digital di dalamnya ada yang bisa disewa secara gratis dan ada yang berbayar. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada pertengahan Agustus 2019 oleh pengembang Makara Insight.

Yang ingin mengunduh ibuk, bisa langsung ke Play store. Sedangkan untuk Appstore, aplikasinya sendiri masih dikembangkan. Jadi para pengguna iPhone harus lebih bersabar karena masih belum bisa menggunakannya. 

Tetapi jika hanya ingin mengetahui tampilan aplikasi ibuk itu seperti apa, bisa berkunjung ke situs web www.ibuk.id. Tampilan aplikasi dan situs webnya kurang lebih sama. Hanya saja untuk membaca buku yang telah disewa memang hanya bisa lewat aplikasinya. 

Daftar Penerbit dan Buku Digital di ibuk Beragam

Ada banyak penerbit yang terdaftar dalam ibuk ini tidak ada di iPusnas. Jadi aplikasi ini membantu sekali jika ingin baca buku tertentu yang tidak ada di iPusnas, seperti buku-buku dari Penerbit Mazaya, Penerbit Loka Media, Penerbit Republika dan masih banyak yang lainnya.



Harga Sewa di ibuk yang Murah

Untuk menyewa buku di ibuk memang ada yang berbayar dan gratis. Meski berbayar, harga sewanya pun murah. Rata-rata harga sewa perbuku adalah 10% dari harga beli. Dan dengan harga segitu, kita bisa menyewa buku yang kita inginkan selama dua minggu.

Tapi kalau tidak ingin buku yang sedang kita baca mendadak hilang karena waktu sewanya habis, membeli bukunya di ibuk memang solusi yang lebih praktis. Karena terkadang dengan kesibukan di dunia nyata bisa memperlambat proses membaca kita. Apalagi kalau dibarengi dengan selingkuhan buku yang lain, pasti akan lebih lama menyelesaikannya.

Meski demikian, aku pribadi lebih suka menyewa buku yang ingin aku baca. Karena harga beli beberapa judul buku di ibuk ini terkadang justru lebih mahal dari harga buku di Playbook. 

Pembayaran di ibuk Mudah dan Praktis 

Untuk menyewa buku di ibuk, memang lebih baik kalau mengisi ulang lebih dulu Voucher Baca. Ada beberapa nominal yang bisa dipilih di ibuk ini, dimulai dari 20k sampai 200k. Metode pembayarannya pun terbilang mudah. Selain bisa menggunakan transfer bank, bisa juga dengan menggunakan dompet virtual. Jadi kita tidak perlu ribet saat mau membayarnya.

Aku sendiri sih belum pernah mengisinya, karena waktu menyewa buku Putri Rajapatni bertepatan dengan promo Harbolnas.






Baca buku gratis di #ibuk kembali hadir! πŸ“– ❤ Halo sahabat ibuk! Ingin baca buku tapi duit bulanan sudah menipis? 😭 TENANG! Baca buku gratis #ibuk kembali lagi lho Kali ini ga cuma 1 hari tapi DUA HARI!😁 Sewa buku pada tanggal 20-21 Januari 2020 dan kamu bisa membaca bukunya selama 2 minggu ke depanπŸ‘ Jangan lewatkan kesempatan ini! Yuk, intip buku yang ingin kamu baca sekarang dan pasang alarm kamu. Sampai ketemu di aplikasi #ibuk tanggal 20 nanti❤ Kalau kamu belum install aplikasi #ibuk silakan cek link di profil @ibuk.id ✌ #bacabukuyuk #bukumurah #ebookgratis #bacagratis #likeforlikes #gratisan #free #bukubagus #bukuanakmuslim #bukuanak #nonfiksi #bukufiksi #novelfiksi #bukunonfiksi #fiksi #diskon #diskonjakarta #diskonmurah #diskonbandung #motivasi #suksesbersama #suksesusiamuda #booklovers #pecintabuku
A post shared by Baca Buku, Yuk! (@ibuk.id) on
Oh ya, mumpung di tanggal 20-21 Januari nanti ada promo untuk sewa buku apa saja secara gratis, bisa banget tuh buat yang ingin mencoba aplikasinya. 

Related Posts

4 komentar

  1. Wah, apliaksi ini patut dicoba nih. Saya mau download dan mau liat-liat dulu, hehe. Terima kasih banyak atas informasinya.

    BalasHapus
  2. Wah lebih lengkap dr ipusnas yaa.. boleh juga nih 😍 tadinya aku sempet kepikiran apa langganan gramedia digital aja, tp kok kayaknya ini juga menarik..

    BalasHapus

Posting Komentar